Senado Square Alun-Alunnya Macau

Leave a Comment
Disebut demikian karena sejatinya alun-alun adalah area lapang yang digunakan oleh orang-orang untuk berkumpul. Namun Senado square bukan cuma sekedar alun-alun biasa. Beragam bangunan kuno khas Eropa yang dibangun oleh bekas kolonialis Portugis masih berdiri dengan tegak disini. Tak heran predikat dari UNESCO sebagai kawasan situs warisan bersejarah pun resmi disandang.

Lalu gedung apa saja yang harus kita beri perhatian khusus saat kita berkunjung ke Senado square? Berikut panduannya agar tak terjadi penyesalan di kemudian hari karena lupa selfie.
1. Air mancur / the Fountain
Meski tak terlalu besar seperti Bunderan HI tetapi lokasinya yang ada di pintu masuk membuatnya terlihat sangat mencolok. Di tempat dimana air mancur ini berada dulunya berdiri patung seorang prajurit Portugis bernama Mesquita. Dia adalah orang yang paling berjasa untuk negaranya tetapi sangat dibenci oleh orang-orang Cina karena banyak membunuh tentara Cina. Hingga kemudian patungnya dihancurkan dan diganti oleh air mancur. Senado square pun kemudian dikenal dengan nama lain “the Fountain”.
2. Kantor Pos / General Post Office
Kantor pos yang didesain oleh seorang arsitek berkebangsaan Cina bernama Chen Kunpei ini telah berdiri sejak tahun 1929. Gedung ini terdiri dari 3 lantai. Lokasinya berada tepat di sisi kanan jalanan masuk ke Senado square.Disini kamu bukan cuma bisa bikin iri teman-temanmu dengan foto selfie. Karena kamu bisa beli Kartu pos bertema Macau dan mengirimkannya langsung.
3. Pusat Informasi Turis / Tourist Information Centre
Wilayah Senado square yang sangat luas, dipenuhi dengan banyak orang dan beberapa gang-gang kecil bak labirin dapat membuat pengunjung tersesat. Oleh karena itu jangan lupa untuk mampir ke tempat ini baik untuk sekedar ambil peta atau bertanya perihal lainnya. Lokasi gedungnya ada di sebelah kiri air mancur (the Fountain). Selesai bertanya jangan lupa foto karena gedungnya pun juga instragramable.
4. Leal Senado
Gedung bernuansa neoklasik ini didirikan pada tahun 1784 dan berdiri tepat di seberang Senado square. Dulunya digunakan sebagai gedung pemerintahan Macau untuk Portugis. Meski usia bangunan ini sudah sangat tua tetapi masih mempertahankan keasliannya, baik itu desain bangunan, dinding dan sebuah taman di halaman belakangnya.
5.Holy House of Mercy
Agak kedalam dan hampir bersebelahan dengan gedung General Post Office terdapat sebuah gedung institusi amal tertua di Macau. Didirikan pada tahun 1569, gedung ini dulunya digunakan untuk klinik kesehatan dan menampung anak-anak yatim piatu serta pengungsi. Saat ini, gedung Holy House of Mercy digunakan sebagai museum yang memamerkan benda-benda seni yang unik dan bernuansa religius. Jenasah dari pendirinya yaitu Uskup Dom Belchior Carneiro turut disimpan dalam gedung Holy House of Mercy ini.
6. Gereja St. Dominic
Agak sedikit bergeser masuk ke dalam Senado square terlihat sebuah bangunan kuning bergaya Baroque yang menjadi ciri khas arsitektur pada akhir abad 16 yaitu berupa lengkungan-lengkungan cekung dan cembung. Gedung tersebut adalah gereja Katolik St. Dominic yang dibangun oleh 3 orang pastor dari Spanyol pada tahun 1587. Namun demikian bangunan yang terlihat sekarang adalah hasil renovasi dan perluasan yang selesai dilakukan pada tahun 1828.
7. Lou Kau Mansion
Di tengah “belantara” gedung-gedung berarsitektur Eropa terdapat sebuah rumah yang sangat bercirikan tanah tempat tinggalnya. Adalah Lou Kau Mansion, bangunan bergaya Cina tradisional yang didirikan pada tahun 1889. Dalam rumah besar yang dimiliki oleh pengusaha properti bernama Lou Kau ini seringkali digunakan oleh pengrajin-pengrajin tradisional untuk menghasilkan karya-karyanya.
8. Macau Cathedral
Gedung Katedral Macau ini memiliki sejarah renovasi yang panjang. Ketika pertama dibuat tahun 1576 awalnya hanya berupa Kapel kecil yang terbuat dari kayu-kayu. Hingga akhirnya renovasi terakhir di tahun 1937 yang membuatnya terlihat seperti sekarang. Tak jauh dari gereja Katedral Macau ini terdapat sebuah salib berukuran besar dengan pepohonan besar di sekelilingnya yang cocok untuk tempat foto dan beristirahat sejenak.
9. Gereja St. Paul/Ruins of St. Paul's
Meski hanya bersisa fasad depan gedungnya saja tetapi bangunan ini adalah klimaks dari Senado square. Deretan anak tangga dengan tanaman yang tersusun rapi di sebelah kanandan dengan latar belakang langit biru membuat gedung ini terlihat sangat menawan dilihat dari kejauhan. Sementara detail ukiran pada dinding depan membuat mata terpana saat mendekat.
10. Lantai mosaik bergelombang
Ya..ya…memang ini bukan gedung. Beda dengan keterangan diatas. Tapi di Senado square setiap detailnya seperti sebuah kepingan sejarah yang saling berkaitan. Jadi jangan fokuskan pandangan mata ke atas karena apa yang kita pijak pun ternyata ada nilai sejarahnya. Lantai mosaik dengan motif bergelombangyang merupakan ciri khas arsitektur Portugis ini dibuat pada tahun 1990 dan dikerjakan langsung oleh para ahli dari negara asalnya. Sehingga apa yang terlihat di Senado square saat ini sangat mirip dengan yang ada di Rossio square Portugis.

Jumlah ini belum menggambarkan keseluruhan dari gedung-gedung bersejarah yang ada di Senado square. Yang saking banyaknya tidak mungkin bisa dijelajahi dalam waktu satu hari apalagi bagi yang punya minat khusus dengan sejarah.
Menjelang siang hari pengunjung Senado square juga akan semakin ramai. Pengunjung yang datang pun bukan hanya menaruh minat pada gedung-gedung kuno yang ada disini. Tetapi ada juga yang datang untuk wisata kuliner ataupun berbelanja. Seperti halnya di Indonesia. Dua hal terakhir itu memang sepertinya tidak bisa dipisahkan saat kita main ke alun-alun.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar