Pengobatan Alamiah ala Pancuran 7

Leave a Comment
Baturaden adalah primadona wisata kota Purwokerto yang terletak di provinsi Jawa tengah. Terletak di kaki gunung Slamet membuat hawa di Baturaden terasa sangat sejuk dan segar. Hijaunya pepohonan yang tersaji menawarkan pemandangan yang menenangkan jiwa.

Salah satu objek wisata yang ada di Baturaden yaitu Pancuran 7 (pitu, tujuh dalam bahasa Jawa). Pancuran dalam bahasa Indonesia air yang memancar (dari keran atau saluran).

Penting untuk memahami terlebih dahulu arti kata pancuran dalam bahasa Indonesia. Karena tak sedikit orang yang baru pertama kali kesini menyangka Pancuran 7 (pitu) berarti air terjun berjumlah 7 (tujuh). Tapi setelah sampai sana kecewa karena ternyata Pancuran 7 (pitu)yang dimaksud hanya lubang-lubang kecil berjumlah tujuh setinggi 1 meter yang memancarkan air panas alami.

Selain air panas alami, belerang juga merupakan produk asli dari gunung. Keduanya jika digabungkan menjadi kombinasi yang mujarab untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Di pancuran 7 (pitu), belerang dan air panas bagai sumber yang tak ada habis-habisnya. Pengunjung bisa berendam dalam bathtub seadanya yang tersedia di dalam kamar-kamar mandi yang disewakan.
Naik turun tangga menjadi salah satu ciri khas dari wisata pegunungan. Demikian juga halnya untuk menuju lokasi Pancuran 7 (pitu). Jadi sudah tak asing tentunya kalau kaki pun pegal-pegal. Apalagi kalau ke Pancuran 7 (pitu)nya jalan kaki mulai dari gerbang masuk yang jaraknya 2,5 km.
Tapi tak perlu khawatir. Selain menikmati pemandangan alam, di Pancuran 7 (pitu) pengunjung juga bisa menikmati pijat refleksi dan sekaligus luluran dengan menggunakan belerang. Seperti pemandangan di Pancuran 7 (pitu) yang hijau. Ongkos pijat dan lulur belerang selama kurang lebih 60 menit pun cukup dibayar dengan selembar uang berwarna hijau alias 20 ribu rupiah.
Bau belerang di Pancuran 7 (pitu) yang tidak menyengat dijamin membuat betah pengunjung menikmati waktu untuk pijat, lulur ataupun berendam. Tapi jika waktunya harus pulang tapi masih belum puas. Pengunjung dapat membeli serbuk belerang yang sudah dibungkus dalam kemasan plastik. Harganya? Cukup 10 ribu rupiah per kantong.
Tak jauh dari Pancuran 7 (pitu) juga terdapat objek wisata lain yaitu Goa Selirang dan juga makam keramat mbah Atas Angin atau Syeh Maulana. Dan satu yang unik juga ada air terjun yang airnya sangat dingin. Untuk liburan yang istimewa di Baturaden ini cukup dikenakan biaya masuk 15 ribu saja per orang
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar