Air Terjun Madakaripura Petilasan Terakhir Gajah Mada

Leave a Comment

Lautan pasir di gunung Bromo memang mengundang decak kagum. Namun lama kelamaan keringnya pemandangan membuat mata pun meradang. Tapi tak perlu lama karena masih dalam satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ada air terjun Madakaripura.

Hanya diperlukan waktu kurang lebih 30 menit dari lokasi wisata Gunung Bromo untuk menuju air terjun yang konon katanya menjadi tempat petilasan terakhir Mahapatih gajah Mada ini.
Patung Gajah mada sengaja ditempatkan di pintu masuk untuk menyampaikan pesan bahwa legenda itu benar adanya. Tak lama selanjutnya Anda akan disambut oleh tour guide yang menawarkan jasanya untuk menemani perjalanan menuju lokasi air terjun Madakaripura.
Air terjun Madakaripura memang sedikit berbeda dengan air terjun pada umumnya. Disini kita tidak perlu naik turun anak tangga yang jumlahnya ratusan. Melegakan memang. Tetapi sebagai gantinya, kita diwajibkan untuk sedikit trekking sepanjang kurang lebih 500 meter. Tapi tak perlu panik karena jalurnya tidak menanjak.

Selain itu perbedaan lain dari air terjun Madakaripura dibanding air terjun lainnya yaitu ada pada bentukan alamnya. Air terjun setinggi kurang lebih 200 meter ini dikelilingi oleh dinding-dinding batu yang melingkar. Sehingga terlihat seperti sebuah lubang besar. Maka tak jarang tetesan air membasahi dari segala penjuru walau kita tidak berdiri di dekat air terjun.

Dengan segala keindahan yang dimiliki oleh air terjun Madakaripura diperlukan pula beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum berkunjung ke tempat wisata yang ada di kabupaten Probolinggo ini.

1.Perhatikan cuaca
Tempat wisata air terjun Madakaripura rawan longsor. Berhati-hatilah saat cuaca tak bersahabat atau saat sedang musim hujan. Apalagi bentuk air terjun Madakaripura yang seperti ceruk akan menyulitkan kita bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2.Sepatu olahraga/outdoor
Karena medan bebatuan yang licin dan sesekali harus menyeberangi sungai maka diperlukan sepatu yang nyaman sekaligus melindungi kaki. Abaikan foto diatas ya. Soalnya itu datang tanpa persiapan, harap maklum kalau nyeker.

3.Jas hujan
Sebelum mencapai lokasi air terjun kita akan melintasi sebuah tebing yang bentuknya seperti kanopi dengan airnya yang deras menetes dari atas. Namun jika tak membawa jas hujan juga tak perlu khawatir karena di tempat ini ada penyewaan payung dengan tarif 5 ribu rupiah per payung.

4.Pakaian ganti
Yang dimaksud pakaian disini tentunya meliputi baju, celana beserta dalemannya. Namanya juga main ke air terjun. Tak afdol rasanya kalau belum berbasah-basahan. Jangan lupa pula kantong plastik untuk menyimpan baju basahmu.

5.Kamera anti air
Pemandangan di air terjun Madakaripura terlalu indah untuk tidak didokumentasikan. Selain itu, foto merupakan bukti otentik kalau kita pernah datang kesini. Untuk yang eksis setiap waktu, setidaknya siapkan pelindung hape agar tetap bisa check in tapi hape tidak rusak.

6.Nego harga pemandu
Menyewa seorang pemandu memang ada plus minusnya. Plusnya kita bisa tahu tentang ceritera air terjun Madakaripura ini. Tapi minusnya di air terjun Madakaripura atau di beberapa tempat lain terkadang seorang pemandu tidak mau menyebutkan harga diawal bagi pengunjung yang mau menyewa jasanya. Sehingga waktu terakhir mau bayar-bayaran seringkali pengunjung kaget. Oleh karena itu ada baiknya diawal kita bernegosiasi dulu soal harga jasa yang ditawarkan.

7.Cuci kendaraan
Pengunjung seringkali kaget ketika kembali ke parkiran kendaraannya sudah dalam keadaan tercuci. Bersih atau tidaknya itu relatif ke penilaian masing-masing pribadi. Tetapi tak sedikit orang yang tidak terlalu suka kendaraannya baik itu sepeda motor atau mobilnya dicuci orang lain tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Oleh karena itu informasikan diawal jika kendaraanmu tidak perlu dicuci. Tetapi jika sudah terlanjur berikan saja imbalan seikhlasnya.
8.Tas anti air
Sebenarnya di parkiran tempat wisata air terjun Madakaripura terdapat banyak warung-warung makan yang menerima penitipan tas. Tetapi demi kenyamanan dan keamanan, barang-barang pribadi lebih baik tetap kita bawa sendiri. Bukan karena resiko kehilangan barang saja tetapi bisa jadi ada kemungkinan tas tertukar dengan pengunjung lainnya.

Air terjun Madakaripura lokasinya memang sangat berdekatan dengan tempat wisata gunung Bromo. Pemandangannya yang indah sangat disayangkan jika dilewatkan. Memang sih kesannya sepele, hanya air terjun. Terus kenapa jadi harus banyak yang disiapkan. Ya karena biar bagaimanapun, liburan tetap tidak boleh mengabaikan keselamatan. Setuju?
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar