Pantai Nglambor, Sensasi Snorkeling di Pantai Selatan Yogyakarta

Leave a Comment
Berbicara tentang pantai selatan Yogyakarta tidak akan lepas dari 2 (dua) hal. Yang pertama legenda Ratu pantai selatan dan yang kedua adalah ombak besar. Maka jika ada orang yang mau snorkeling di pantai selatan Yogyakarta bisa dikatakan orang tersebut mau menjemput maut.

Tapi poin kedua diatas kini tak berlaku lagi semenjak dibukanya pantai Nglambor untuk para wisatawan. Meski tak terlalu jauh dari bibir pantai tetapi aktivitas snorkeling di pantai Nglambor cukup digemari oleh wisatawan. Baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk menuju spot snorkeling pantai Nglambor pengunjung akan dihadapkan oleh 2 (dua) pilihan. Berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km atau naik ojek dengan ongkos 5 ribu rupiah sekali jalan. Untuk pulangnya, ongkos ojek bisa menjadi 10 ribu rupiah jika pengunjung naik ojek dari bawah.

Ombak besar pantai selatan Yogyakarta yang berasal dari Samudera Hindia dapat dijinakkan di pantai Nglambor oleh 2 (dua) buah batu karang yang dinamakan “Watu kalong” dan “Watu kuntul” oleh masyarakat setempat. Salah satu bentuk batu karang yang menghadang ombak di pantai Nglambor bahkan cukup unik yaitu menyerupai seekor Kura-kura.

Meski dijaga oleh batu karang tetapi hempasan ombak sesekali masih terasa meskipun tidak tinggi. Oleh karena itu para wisatawan yang snorkeling di pantai Nglambor juga tetap diawasi oleh penjaga pantai yang berasal dari warga lokal.

Layaknya snorkeling di pantai lain. Perlengkapan snorkeling di pantai Nglambor juga bisa didapat dari jasa penyewaan yang ada di tempat ini. Dan bukan hanya snorkeling saja, tetapi wisatawan juga bisa menyewa kamera action cam untuk mengabadikan kenangan snorkeling di pantai Nglambor saat dikelilingi oleh ikan-ikan. Durasi waktu penyewaan lamanya 60 menit saja dengan harga yang harus dibayar 50 ribu rupiah.

Walau ikannya banyak tetapi keberadaan terumbu karang tidak dapat ditemui di kehidupan bawah laut pantai Nglambor. Dan walaupun ada bisa jadi akan rusak terinjak-injak oleh banyaknya wisatawan yang datang. Mengingat saat akhir pekan atau saat musim liburan jumlah pengunjung yang datang bisa membludak sementara lokasi snorkeling di pantai Nglambor pun tidak terlalu dalam.

Bahkan saat pengunjung sedang membludak, kondisi air laut di spot snorkeling pantai Nglambor bisa keruh karena memang wilayahnya tidak luas. Tetapi terlepas dari kondisi yang ada, snorkeling di pantai Nglambor menjadi satu hal yang wajib dicoba karena lokasinya yang berada di pantai selatan Yogyakarta yang terkenal dengan ombak besarnya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar