Pedas Segar Rujak Es Cream Pak Paino

Leave a Comment
Kebiasaan orang Yogyakarta kalau cuaca panas malah makan rujak pedas. Tapi tak sedikit juga yang suka makan es cream. Mungkin dari kebiasaan itulah timbul perpaduan menu baru yang ternyata tak kalah digemari yaitu Rujak es cream.

Salah satu daerah di Yogyakarta yang banyak menjajakan Rujak es cream adalah Pura Pakualaman dengan pak Paino yang telah berjualan sejak tahun 1990 sebagai salah satu pelopornya. Berbekal gerobak dorong dan sebuah payung tenda besar, pak Paino mulai berjualan jam 9 pagi dibawah sebuah pohon besar yang terletak di sudut jalan Harjowinatan. Saat cuaca panas, tak jarang Rujak es cream buatannya sudah habis terjual sebelum sore hari.
Rujak yang ia sajikan tidak berbeda dengan rujak pada umumnya yang isinya serutan buah yang terdiri dari mangga, kedondong, pepaya, nanas, bengkoang, mentimun yang kemudian disiram dengan bumbu ulekan gula jawa dan asam yang diberi sedikit air.

Bagi pengunjung yang menyukai rasa pedas ataupun tidak pedas tak perlu khawatir karena cabainya dihidangkan terpisah. Sebagai toping, seperti namanya, ditambahkanlah es cream puter tanpa pemanis buatan hasil tangan pak Paino sendiri. Kuliner tradisional Yogyakarta yang dihidangkan diatas piring kecil tersebut dihargai 5 ribu rupiah saja per porsi.

Tak hanya Rujak es cream, buat pengunjung yang menyukai rujak potong atau yang di Yogyakarta disebut dengan Lutis juga bisa dinikmati disini. Harganya pun tak beda jauh untuk satu porsinya, hanya 6 ribu rupiah saja.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar