Kuro Tamago, Telur Mistis dari Lembah Kematian Owakudani

Leave a Comment
Telur dikatakan mengandung protein tinggi yang dapat merangsang pertumbuhan dan meningkatkan kecerdasan otak. Tapi telur hitam atau Kuro Tamago yang berasal dari Owakudani di Hakone, Jepang ini dipercaya punya khasiat khusus. Untuk satu telur yang disantap dipercaya dapat memperpanjang usia hingga 7 tahun. Eiitsss jangan buru-buru rakus ya mau makan 5 butir! Karena hanya dianjurkan makan 2 ½ butir saja per orang. Lebih dari itu justru menjadi badluck.

Kuro tamago secara ukuran fisik terlihat sama seperti telur ayam pada umumnya. Demikian juga bagian dalam Kuro tamago, bagian tengah kuning sementara diluarnya putih. Yang membedakannya hanyalah cangkangnya yang berwarna hitam legam. Tetapi bukan berarti Kuro tamago adalah telur yang keluar dari perut ayam Cemani. Ayam khas Indonesia yang seluruh tubuhnya juga berwarna hitam itu.
Kuro tamago yang dijual dalam dalam satu kemasan berisi 5 (lima) butir telur dengan harga 500 Yen tersebut sebenarnya adalah telur rebus. Dalam keadaan mentah atau sebelum diolah warna cangkangnya tak berbeda dengan telur ayam lainnya. Proses pengolahannya yang tak biasa menjadikan cangkang Kuro tamago berubah warnanya.Yakni dengan cara direndam di dalam sebuah kawah gunung yang ada di Owakudani. Reaksi kimia dari berbagai unsur mineral seperti belerang dan besi menjadikan cangkang Kuro tamago berwarna hitam legam setelah direbus.

Owakudani yang terletak di kota Hakone memang terkenal akan pemandangan alam pegunungan. Meskipun gunungnya secara fisik sudah tidak terlihat dan hanya berupa kawah-kawah hasil letusan gunung Hakone yang terjadi ribuan tahun lalu. Walau demikian, status dari Owakudani sendiri masih ditetapkan aktif. Tak jarang kawasan ini ditutup dikarenakan adanya gas beracun yang keluar dari perut bumi. Maka Owakudani sering juga disebut sebagai The Death Valley atau Lembah Kematian.
Mitos mengenai Kuro tamago jamak terjadi bukan hanya di Jepang. Tetapi di negara-negara lain pun juga ada. Hanya saja bentuknya bisa berbeda-beda. Keajaiban khasiat Kuro tamago sendiri konon kabarnya sudah berkembang sejak Periode Heian. Mereka yang hidup pada periode tersebut percaya bahwa di Owakudani tepatnya di kawah tersebut bersemayam Dewa Enmei Jizo Bosatsu. Dewa yang menganugerahi usia panjang. Sedangkan penambahan usia hingga 7 (tujuh) tahun untuk setiap satu butir Kuro tamago yang disantap berasal dari 7 (tujuh) jumlah Dewa. Sehingga dari 2 (dua) keyakinan tersebut timbulah mitos Kuro tamago. Dan dengan demikian Kuro tamago pun benar-benar hanya dijual di Owakudani.
Untuk mencapai Owakudani bisa dengan 2 (dua) cara. Mau dengan cara capek atau memacu adrenalin. Yang pertama, cara sulit dan capek yaitu hiking. Sedangkan yang kedua, cara mudah tetapi menegangkan yaitu naik gondola (cable car). Supaya panjang umur memang tidak ada cara yang mudah dan tidak enak rasanya.
Karena direbus dalam kawah membuat Kuro tamago memiliki sedikit bau belerang. Tapi jujur saja tidak mengurangi nikmatnya. Mungkin karena udara Owakudani yang dingin sementara Kuro tamago disajikan hangat-hangat. Benar-benar fresh from the caldera!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar